.: Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.

Jumat, 04 Oktober 2013

Perajin Batik Blora Gelar Fashion Show Batik Blora On The Street

Peserta Batik Blora on the Street sedang melenggak-lenggok di Jl.Pemuda sebagai rute parade, Rabu sore (2/10). Sontak membuat warga yang lewat menghentikan kendaraannya untuk ikut menyaksikan. (foto : rs-infoblora)
BLORA. Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2013, kali ini Paguyuban Perajin Batik Jatiwangi Kabupaten Blora menggelar fashion show bertajuk Blora Batik on the Street yang digelar di Jalan Pemuda Kota Blora, Rabu sore (2/10).
Puluhan model cantik berjalan melenggak-lenggok sepanjang jalan dengan mengenakan kostum batik khas Blora yang telah didesign sedemikian rupa oleh para designer lokal Blora. Tak ayal membuat arus lalu lintas di jalan utama Kota Blora tersebut tersendat.
Banyak warga yang menyempatkan berhenti untuk sekedar menyaksikan gelaran yang baru pertama kali diadakan di Blora ini. Beberapa komunitas fotografer juga memanfaatkan moment ini untuk mendokumentasikan beberapa model yang ikut memamerkan batik dengan motif khas Blora.

“Ini baru pertama kali saya lihat ada di Blora mas, sungguh perkembangan yang bagus untuk batik Blora. Semoga kedepan batik Blora bisa semakin dikenal karena selama ini kebanyakan yang mengenakan batik khas Blora ini hanya anak sekolah dan pegawai saja,” kata Tio salah satu pengendara motor yang melintas di Jalan Pemuda.
Peserta Batik Blora on the Street foto bersama di depan Gedung Dekranasda
Batik  Blora on the Street mulai sekitar pukul 17.00 WIB dengan penampilan seni barongan tepat di pertigaan Alun-alun sebelah timur yang merupakan awal start fashion show. Penampilan pertama adalah kostum batik Blora dengan tema replika pohon jati karya designer Mbak Iik Embargo. Kemudian dilanjutkan puluhan muda mudi yang mengikuti dibelakangnya.

Sesampainya di depan Gedung Dekranasda Kab.Blora, peserta Batik Blora on the Street kumpul dan mempersilahkan para fotografer untuk mengambil gambar. Event ini juga diikuti Kakang Mbakyu Duta Wisata Kab.Blora yang beru terpilih Sabtu malam lalu, Kakang Irfana dan Mbakyu Annisa.

Selain untuk memperingati Hari Batik Nasional, diselenggrakannya event ini juga untuk mempromosikan potensi Batik Blora kepada masyarakat umum bahwa Kabupaten Blora punya batik sendiri yang tentunya dengan motif batik khas seperti motif bonggol jati, motif daun jati, motif sumur angguk, motif sate, motif barongan dll. Di Kabupaten Blora kerajinan batik telah berkembang baik, perajinnya pun menyebar mulai Kec.Kunduran sampai di Kec.Cepu ada. 
Meskipun batik baru berkembang di Blora sekitar 6 tahun, tapi sudah mampu berprestasi. Bulan lalu batik Blora mampu meraih juara empat (harapan satu) se Jawa Tengah dalam ajang Dekranasda Carnival yang digelar di Semarang. Ini bukti bahwa Blora punya potensi yang bisa dan patut dibanggakan. (rs-infoblora)

0 komentar: